Rabu, 16 Oktober 2013

KOROSI (Pengkaratan)


Korosi  atau  karat  adalah   proses  perusakan  logam/paduan  yang  ditandai  dengan
hilangnya sifat-sifat semula yang disebabkan oleh pengaruh reaksi dengan lingkungannya.
Yang oleh NACE didefinisikan sebagai “Corrosion is the deterioration of a substance (usually
a metal) or its properties because of a reaction with its environment”. Pada umumnya korosi
yang terjadi diindustri oil & gas disebabkan adanya media penghubung yaitu elektrolit seperti
air dengan media peng-korosi  yang  berupa  impuritus-impuritus seperti O2,CO2,H2S  yang
terbawa dalam fluida minyak,gas dan air. Untuk mengetahui lebih jelas perihal korosi,disini
dijelaskan beberapa bentuk korosi yang umum terjadi diindustri oil dan gas.

Bentuk Korosi
Korosi Merata (General corrosion)
Korosi Setempat (Local corrosion)

A.Makroskopik:
Galvanis
Celah
Sumuran
Erosi
Selektif
Kavitasi

B.Mikroskopik
Intergranular
Stress corrosion cracking
Hidrogen induced cracking
Sulphate reduction bacteria
Fatigue corrosion

Korosi itu terdiri dari dua bentuk yang dapat kita bedakan yaitu korosi merata dan korosi
setempat. Sedangkan korosi setempat dibagi lagi jadi makroskopik dan mikroskopik. Dan
dibawah ini kita lihat arti dari masing –masing korosi tersebut berdasarkan bentuknya.
 Korosi Merata (Uniform Corrosion)
Korosi ini berlangsung pada seluruh permukaan logam/paduan yang terpapar atau terbuka
kelingkungan korosif dengan laju korosi yang kurang lebih sama dimana anodic dan katodik
terdistribusi secara merata pada permukaan logam. Umumnya sering terjadi pada alat-alat
(instrument) proses dalam produksi minyak bumi antara lain pada  permukaan pipa atau
instrument yang lain.
 Korosi Setempat (Local Corrosion)
Proses  korosi  ini  unik  serta  bermacam-macam  bentuknya  jika  dilihat  dari  serangannya
terhadap  logam/paduan,dan  berlangsung  setempat.  Dibawah  ini  dapat  kita  lihat  masingmasing korosi tersebut.
 Korosi sumuran (Pitting Corrosion)
Korosi  yang  menghasilkan  sumuran  (pitting)  pada  logam/paduan  pasif  akibat  pecahnya
selaput pasif pada permukaan logam pada media yang mengadung ion agresif seperti Cl,Br
dan SCN. Dan ini adalah korosi yang sangat merusak dan tidak dapat diprediksi. Dimana
makin tinggi potensial korosi sumuran suatu logam/paduan,makin tahan terhadap serangan
korosi sumuran. Pengendalian korosi ini dengan pemilihan material,penurunan agresivitas
lingkungan,penambahan inhibitor dengan penambahan inhibitor harus memadai serta dengan
proteksi katodik.
 Korosi Celah (Crevice Corrosion)
Korosi akibat dari perbedaan konsentrasi oksigen O2terlarut antara lokasi didalam celah dan
diluar celah dimana permukaan logam didalam celah jauh lebih anodic dibandingkan pada
permukaan logam diluar celah. Pengendalian korosi ini dapat kita lakukan perencanaan dan
design yang benar sehingga terbentuknya celah dapat dihindari dengan menutup celah yang
ada dengan las,solder atau dempul.
 Korosi Erosi (Erosion Corrosion)
Korosi  yang  ini  terjadi  apabila  zat  yang  bersifat  korosif  berada  dalam  fasa  liquid  dan
serangan dapat lebih parah dalam aliran fluida dua fasa dimana uap air dan butiran-butiran
uap air yang terkondensasi berada bersama-sama. atau akibat abrasi cairan atau gas dan
logam dimana dapat dipercepat oleh adanya partikel-partikel padat yang tersuspensi dalam
fluida, misalnya butiran-butiran pasir. Serangan korosi ini akan lebih cepat terjadi pada elbow
dan lokasi penyempitan pipa dalam turbin,dalam pompa dan dalam saluran dengan bentukbentuk struktur yang menyebababkan perubahan arah dan adanya tubulensi.
 Korosi Galvanis (Galvanic Corrosion)
Terjadi jika dua logam/paduan yang berbeda saling kontak listrik dalam media korosif yang
sama.  Dimana  logam  dengan potensial korosi lebih negatif akan  terkorosi lebih intensif
sedangkan  logam  yang  lebih  nobel  laju  korosinya  akan  menurun.  Contohnya  adalah
penyambungan baja(Fe) dengan tembaga (Cu) dan penyambungan alumunium (Al) dengan
baja (Fe).
 Korosi Selektif(Selective Corrosion)
Korosi dimana salah satu unsur pemadu yang paling aktif hilang dari paduannya,akibatnya
paduan  menjadi  berpori-pori  dan  kekuatan  logam/paduan  tersebut  jauh  berkurang,.  Jenis
korosi  pelarutan  selektif  yang  lazim  kita  kenal  adalah  dezincfication.  contohnya
dezincification  kuningan  (paduan  Cu-Zn)  atau  dealuminiumification  (Paduan Al-Bronze).
Untuk mengurangi keagresifan lingkungan misalnya dengan mengurangi kandungan oksigen
O2terlarut (deaerasi),mengunakan paduan yang lebih tahan sebagai pengendalian dari bentuk
korosi ini.
 Korosi Kavitasi (Cavitation Corrosion)
Logam/paduan  mengalami  korosi  dan  tekanan  berubah  akibat  pecahnya  kapitasi  serta
menyingkirkan lapisan pelindung yang berupa lapisan film pelindung atau produk korosi
sehingga kemungkinan kontak terhadap lingkungan dan korosi akan tejadi kembali dalam
fluida  yang  mengalir  sangat  cepat.  Kavitasi  menyebabkan  pengerasan
permukaan,fatique,pengetasan dan microfracture secara setempat, korosi kavitasi ini terjadi
pada impeller pompa dan baling-baling kapal.
 Korosi Intergranular(Intergranular Corrosion)
Korosi ini berkaitan erat dengan struktur dan sifat metalurgi dari logam/paduan. Pemadu
yang tersegregasi pada batas butir berpengaruh pada ketahanan korosi logam pada batas butir.
Biasanya disebabkan oleh pengotor pada batas butir,pangkayaan satu dari elemen-elemen
pamadu pada batas butir atau deplesi satu dari elemen-elemen pemadu pada daerah yang
berbatasan dengan batas butir yang akan terbentuknyya fasa kedua. Contoh korosi ini yang
terjadi di industri oil dan gas adalah deplesi kromium pada daerah yang berbatasan dengan
batas butir karena terbentuk karbida kaya kromium disepanjang batas butir menyebabkan
terjadinya korosi ini pada baja tahan karat austenitic,terjadi pada saat pengelasan yang input
panasnya berlebihan karena salah prosedur pada baja yang mengandung 0.06 –0.08 % C.
Daerah yang akan terserang korosi ini adalah daerah yang paling lama terpanasi dalam selang
temperatur sensitisasi (425 –815
0
C).
 Korosi Retak Tegangan (Stress Corrosion Cracking)
Kegagalan mekanik getas yang terjadi relatif pada tegangan tarik konstan pada paduan yang
terpapar  dalam  lingkunagan  korosif.  Kegagalan  dari  korosi  ini  dapat  terjadi  secara
transganular  maupun  intergranular  atau  berlangsung  bersama-sama,tetapi  penjalaran
retakannya biasanya tegak lurus dengan arah tegangan tarik yang bekerja. Sifat kegagalan
korosi jenis ini sangat spontan tiba-tiba terjadinya. Dan dapat terjadi pada jenis logam/paduan
apa  saja. Adanya  silikat  didalam  air  ketel  yang  bersifat  basa  pada  suhu  diatas  225
0
C
mempercepat proses terjadinya korosi ini,walaupun pada suhu rendah unsure silikat justru
akan bersifat sebagai pelambat proses korosi retak tegangan.
 Korosi Retak Induksi Hidrogen(Hydrogen Induced Cracking)
Suatu  proses  hilangnya  daktilaitas  logam  (baja)  dengan  terserapnya  hydrogen  kedalam
struktur logam/paduan. Kegagalan tersebut menyebabkan peretakan setempat yang diawali
oleh oksidasi,akibat keberadaaan asam dapat merusak lapisan oksida sehinnga terbukalah
permukaan logam yang dapat berkarat. Korosi ini biasanya terjadi pada pipa-pipa ketel uap
atau pada paralatan proses pengolahan yang mengunakan gas hydrogen panas seperti pada
Catalystic Reformer.
 Korosi Bakteri(Sulphate reduction bacteria)
Korosi ini biasa juga disebut korosi bakteri,karena didaerah dimana terjadi karat tersebut
hidup sejenis bakteri yaitu bakteri anaerobic yang hanya bertahan dalam kondisi tanpa zat
asam. Bakteri ini  (Sporovibro Desulfuricans)  reducing  garam sulfat menjadi asam yang
reaktif dan menyebabkan korosi.

1 komentar:

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial
    Hemat biaya Energi dan listrik
    Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com

    BalasHapus